Sabtu, 22 Mei 2010

Perkembangan kognitif pada masa kanak-kanak awal


Dunia kognitif pada masa anak-anak prasekolah ialah kreatif, bebas, dan penuh imajinasi,. Didalam seni mereka, matari kadang-kadang berwarna hijau, dan langit berwarna kuning, mobil menggambang diawan burung pelikan mencium anjing laut, dan manusia seperti kecebong. Imajinasi anak-anak terus bekerja, dan daya serap mental mereka tentang dunia makin meningkat. Cakupan bahasan kita tentang perkembangan kognitif pada masa awal anak-anak berfokus pada tahap pemikiran praoperasional pigaet, pemrosesan informasi,perkembangan bahasa, teori perkembangan vygotsky dan pendidikan awal masa anak-anak.
1). Tahap pemikiran praoperasional pigaet
Tahap praoprasional terentang antara usia 2 hingga 7 tahun. Pada tahap ini konsep yang stabil mulai dibentuk, penalaran mental muncul, egosentris mulai kuat dan kemudian lemah, serat keyakinan terhadap hal magis terbentuk. Pemikiran praoprasional ialah awal dari kemampuan untuk merekontruksi pada tingkat pemikiran yang telah dilakukan didalam perilaku. Pemikiran praoprasional juga mencangkup peralihan penggunan simbol dari primitif kepada yang lebih canggih.pemikiran praoprasional dapat dibagi menjadikedalam 2 sub tahap: subtahap fungsi simbolis dan subtahap pemikiran intuitif.
• Subatahap fungsi simbolis
Subtahap fungsi simbolis ialah subtahap pertama pemikiran praoperasional yang terjadi kira-kira antara usia 2 hingga 4 tahun. Pada subtahap ini, anak-anak mengembangkan kemampun untuk membayangkan secara mental suatu objek yang tidak ada.
Kemampuann untuk berpikir simbolis semacam itu disebut ”fungsi simbolis” dan kemampuan itu mengembangkan secara cepat dunia mental anak. Anak-anak kecil menggunakan disain corat-coretuntuk menggambarkan manusia, rumah, mobil, awan, dll.
Egosentrisme ialah suatu ciri pemikiran praoperasional yang menonjol, egosentrisme merupakan suatu kemampuan untuk membedakan antara prespektif seseorang dengan prespektif orang lain.
• Subtahap pemikiran intuitif
Subtahap pemikiran ialah subtahap kedua setelah pemikiran praopersional yang terjadi kira-kira usia 4 sampai 7 tahun.pada sub tahap ini anak-anak mulai menggunakan penalaran primitif dan inggin tahu jawaban atas semua bentuk pertanyaan. Piaget menyebut periode waktu ini ”intuintif” karena anak-anak berusia muda tampaknya begitu yakin tentang penggetahuan dan pemahaman mereka tetapi belum begitu sadar bagaimana mereka tahu apa yang mereka ketahui itu.maksudnya mereka mengatakan mengetahui sesuatu tetapi mengetahuinya tanpa mengunakan pemikiran rasional.
2). Pemrosesan informasi
Kita tidak dapat mempelajari tahap-tahap perkembangan kognitif anak-anak seperti yang dilakukan pigaet tetapi kita dapat juga mempelajari proses kognitif yang berbeda dari dunia mnetal anak-anak kecil. Dua keterbatasan dalam hal perhatian dan ingatan.yakni dua bidang yang penting yang terlibat dalam cara anak kecil memproses informasi.
Memori ingatan.
Ingatan adalah suatu proses sentral dalam perkembangan koggnitif anak. Ingatan meliputi penyimpanan informasi terus menerus. Ingatan sadar mulai umur 7 bulan.
Analisis tugas.
Tekanan penting lain dalam prespektif pemprosesn informasi ialah mengidentifikasikan komponen-komponen tugas yang akan dilaksanakan oleh anak (klahr, 1990). Para psikologi pemprosesan informasi terbuka minatnya oleh kemungkinan bahwa bila tugas dibuat menarik dan sederhana, anak-anak dapat menunjukkan kematangan kognitif yang lebih besar daripada yang disadari oleh piaget. Strategi ini diikuti untuk menentukan apakah anak-anak prasekolah akan dapat berfikir tentang silogisme -sejenis masalah penalaran yang terdiri atas dua premis, atau pernyataan yang dianggap benar, ditambah suatu kesimpulan (hawkins&others, 1984).
A. Perkembangan bahasa
Pemahaman anak-anaka berusia muda kadang-kadang melampui tingkat kemampuan bicara mereka.seorang anak berusia 3 tahun, yang tertawa gembira ketika angin musim panas yang keras menerpa rambut dan mengelitik kulit mereka berkomentar ”angin membelitku”orang dewasa akan bingung mendegar ”apapun tidak boleh dipecahkan hanya pirirng dan gelas” ketika yang dia maksudkan adalah tidak ada yang dapat pecah kecuali pirirng dan gelas.
Perluasan tahap-tahap brown.
Lima tahap Roger Brown merupakan model yang berguna dalam menggambarkan perkembangan bahasa anak-anak kecil. Ini meliputi panjang rata-rata ucapan, rentang usia, karakteristik bahasa, dan variasi kalimat.
Sistem aturan.
Sistem aturan meliputi perubahan-perubahan dalam fonologi, morfologi, sintaks, semantik, prakmatik selama tahun-tahun masa anak-anak.
3. Teory perkembangan vygotsky
Zone ofproximal defelopment (ZPD)
ZPD adalah istilah vygotsky untuk tugas-tugas yang cukup sulit untuk dikuasai sendiri oleh anak-anak, tetapi yang bisa dikuasai dengan bimbingan dan bantuan orang dewasa atau anak-anak yang lebih terampil.

1 komentar: